KATA PENGANTAR
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Alloh SWT karena hanya atas rahmat dan hidayahnya sehingga kami dapat menyusun RENCANA PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH (RPPS), MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH (MPMBS) TAHUN 2004 ini. Suatu lembaga yang mempunyai rencana kerja perlu menyususn Program Kerja yang baik.
Program ini berisi informasi tentang program-program yang terkait dengan kegiatan Rencana Program Pengembangan Sekolah (RPPS), Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) Tahun 2004 akan dilaksanakan oleh Kepala SMP.
Kami menyadari bahwa program ini belumlah sempurna. Mungkin masih perlu pembenahan di sana sini. Karena itu kritik dan saran yang bersifat sumbangan sangat kami harapkan.
Kepada berbagai pihak yang telah berperan serta dalam pembuatan buku ini kami mengucapkan banyak terima kasih.
Harapan kami semoga buku ini bisa membantu siapa saja yang membutuhkan.
Peterongan,
Kepala Sekolah,
.......................
Pembina
NIP .......................
RENCANA DAN PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH (RPPS)
MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH (MPMBS)
TAHUN 2004
Nama Sekolah : SMP
A l a m a t : Pondok Pesantren
Nomor Rekening : 0112237133
SIMPEDA Bank JATIM Cabang Jombang
I. VISI SEKOLAH
Menjadikan lembaga sebagai pusat keunggulan yang menghasilkan siswa yang menguasai dan mengamalkan IPTEK dan IMTAQ.
Indikator Visi
1. Unggul dalam penyediaan fasilitas pembelajaran
2. Unggul dalam perolehan nilai UAN
3. Unggul dalam baca kitab kuning (Kitab agama)
4. Unggul dalam minat baca
5. Unggul dalam percakapan bahasa Inggris
6. Unggul dalam Karya Ilmiah Remaja
Misi Sekolah
1. Menyediakan fasilitas pembelajaran yang memadai
2. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara terjadwal, efektif dan efisien.
3 Melaksanakan bimbingan baca kitab kuning (Kitab agama)
4. Mendorong dan menumbuhkan minat baca siswa
5. Melaksanakan bimbingan percakapan Bahasa Inggris secara optimal
6. Meningkatkan kegiatan Karya Ilmiah Remaja
Tujuan Sekolah
Pada tahun 2007, diharapkan memperoleh :
1. Memiliki kelas audio visual
2. Rata-rata nilai NUN 7,40
3. Siswa mampu membaca kitab kuning (Kitab agama)
4. Minat membaca siswa menjadi 90% dari seluruh siswa
5. Siswa mampu melakukan percakapan Bahasa Inggris
6. Memiliki Kelompok Karya Ilmiah Remaja (KIR) yang berprestasi menjadi juara 1 di tingkat Kabupaten Jombang, Propinsi Jawa Timur dan Nasional.
II. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA YANG DIHADAPI SEKOLAH
1. Saat ini NUN meningkat dari 7,14 menjadi 7,40 tahun 2007
2. Saat ini siswa belum memberdayakan kemampuan belajar Audio Visual dalam menyampaikan pengalaman belajarnya. Pada tahun 2004/2005 siswa diharapkan mampu menyampaikan pengalaman belajarnya melalui sarana audio visual ide.
3. Saat ini siswa yang terampil mengggunakan bahasa inggris 7,8 %, sedangkan pada tahun 2006, 15 % tantangan 7,2 %.
4. Saat ini memiliki 30 % siswa kelas yang trampil membaca kitab kuning (Kitab agama). Pada tahun 2004 diharapkan 60 % kelompok siswa yang trampil, tantangan 30 %
5. Saat ini minat baca siswa 30 %, tahun 2004/2005 minat baca diharapkan siswa 60 %, tantangan 30%
6. Saat ini KIR Juara Harapan I tingkat Propinsi, pada tahun 2007 diharapkan Juara I Tingkat Propinsi
7. Saat ini dibidang Pramuka pernah mengirim 2 siswa pada Jambore International di Thailand, pada tahun 2007 dapat dipertahankan
III. SASARAN SEKOLAH DI AKHIR TAHUN 2004/2005
1. Bidang Akademis :
Rata-rata nilai NUN meningkat dari 7,14 menjadi 7,40
2. Bidang Non Akademis :
a. Memiliki satu kelompok MTQ yang menjadi Juara I di Tingkat Propinsi untuk tingkat anak-anank dan remaja
b. memiliki 60% siswa yang mampu membaca kitab kuning (Kitab agama)
c. Memiliki 15% siswa yang mampu percakapan berbahasa inggris yang menjadi Juara I di Tingkat kabupaten.
d. Memiliki 2 kelompok KIR Juara I Tingkat Propinsi
e. Memiliki 1 kelas Audio Visual yang memadai
IV. IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI UNTUK MENCAPAI SASARAN
Fungsi-Fungsi Sasaran Faktor Internal Faktor Eksternal
1. Mengadakan ruang dan peralatan audio visual ide berupa komputer,LCD, scanner, dan slide proyektor
1.1 Fungsi proses pembinaan
a. Peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan sarana audio visual ide
b. Membangkitkan motivasi siswa dalam belajar
a.Memberdayakan partisipasi orang tua murid dan komite sekolah
b.Mengatur jadwal kegiatan siswa di asrama
1.2 Fungsi pendukung ketenagaan
a. Jumlah guru
b. Kualifikasi guru
c. Jumlah tugas mengajar
a.Penambahan guru yang memiliki kemampuan menggunakan sarana audio visual ide
b.Menyesuaikan beban tugas mengajar
1.3. Fungsi pendukung sarana prasarana
a.Ruang khusus audio visual ide
b.Pengadaan peralatan yang cukup
c.Penambahan media belajar elektronik
d.Penggalian dana
a.Kerja sama dengan orang tua murid, Komite Sekolah dan Pemerintah
b.Kerja sama dengan lembaga-lembaga kursus komputer/audio
2. Meningkatkan rata-rata NUN lulus tahun pekajaran 2003-2004 dari 7,14 menjadi 7,40
2.1 Fungsi proses pembinaan
a. Pemberdayaan siswa
b. Keberagaman metode
mengajar
c. Perilaku siswa
d. Hubungan guru dengan siswa
e. Penggunaan waktu
f. Lingkungan sekolah
a. Kesiapan siswa dalam
menerima pelajaran
b. Dukungan orang tua dalam
meningkatkan motivasi
belajar
c. Lingkungan sosial siswa
2.2. Fungsi pendukung
ketenagaan
a. Jumlah guru
b. Kualifikasi guru
c. Kesesuaian latar belakang
pendidikan
d. Jumlah beban mengajar
a. Pengalaman mengajar guru
b. Kesiapan mengajar
c. Fasilitas pengembangan diri
2.3. Fungsi pendukung
sarana prasarana
a. Buku setiap mata pelajaran
b. Jumlah buku penunjang
c. Ruang perpustakaan
d. Kumpulan soal-soal
e. Dana
a. Dukungan orang tua dalam
melengkapi buku-buku
perpustakaan
b. Kerja sama dengan perpus
lain yang lebih lengkap
3. Memiliki kelompok siswa yang terampil membaca kitab kuning (Kitab agama)
3.1 Fungsi proses pembinaan
a. Pemberdayaan siswa
b. Keberagaman metode mengajar
c. Perilaku siswa
d. Hubungan guru dengan siswa
e. Penggunaan waktu
f. Lingkungan sehat
a. Kesiapan siswa dalam menerima pelajaran
b. Dukungan orang tua dalam memotivasi belajar
c. Lingkungan sekolah berada dalam pondok pesantren Darul ‘Ulum
3.2 Fungsi pendukung ketenagaan
a. Jumlah guru
b. Kualifikasi guru
c. Kesesuaian latar belakang
pendidikan
d. Jumlah beban jam mengajar
a. Pengalaman mengajar guru
b. Kesiapan mengajar
c. Fasilitas pengembangan diri
3.3 Fungsi pedukung sarana prasarana
a. Jumlah buku penunjang kitab
kuning (Kitab agama)
b. ruang perpustakaan
c. Dana
d. Buku-buku kitab kuning (Kitab agama) yang ada
a.Dukungan orang tua dalam melengkapi buku kitab kuning (Kitab agama)
b.kerja sama dengan perpustakaan PP.Darul ‘Ulum
4. Meningkatkan minat baca siswa dari 60 % menjadi 90 %.
4.1. Fungsi ketenagaan
a.Jumlah tenaga kerja
b.Kualifikasi tanaga Perpustakaan.
c.Pengelola perpustakaan,
a.Pengalaman.
b. Kesiapan pengelola.
c. Pengetahuan pengelola perpustakaan.
4.2. Fungsi sarana
a. Buku setiap mata pelajaran
b. Jumlah buku perpustakaan
c. Jumlah almari dan rak buku.
d. Pengembangan perpustakaan
.
a.Dukungan orang tua wali murid dalam melengkapi buku perpustakaan.
b.Kerjasama dengan perpustakaan lain yang telah lengkap.
5. Memiliki 15 % kelompol siswa yang terampil menggunakan bahasa inggris dalam kegiatan sehari-hari.
5.1 Fungsi proses pembinaan
a. Pemberdayaan siswa.
b. Perilaku siswa.
c. Hubungan pembina dengan
siswa.
d. Pemanfatan waktu.
e. Pengayaan kurikuler.
a. Kesiapan siswa menerima
bimbingan.
b. Dukungan orang tua.
c. Lingkungan sosial sekolah.
d. Perkembangna infarmatika.
.
5.2 Fungsi pendukung ketenagaan
a. Jumlah pembina.
b.Kualifikasi pembina.
c. Kesuaian mata pelajaran binaan.
a. Pengalaman pembina.
b. Kesiapan pembina.
c. Fasilitas pengembangan diri.
5.3 Fungsi pendukung sarana prasarana. a. Tersedianya riang kelas.
b. Jumlah ruang terpenuhi.
c. Buku-buku bahasa inggris
d. Labiratorium Bahasa
e.Pengelola ruangan.
f. Dana pengembangan. a.Dukungan orang tua.
b.Kesesuaian buku penunjang dengan potensi sekolah.
6. Memiliki Kelompok Karya Ilmiah Remaja
6.1 Fungsi proses pembinaan
a. Lingkungan sekolah
b. Perilaku komponen sekolah
a. Kesiapan siswa dalam kegiatan ilmiah
b. Lingkungan sosial siswa
c. Dukungan orang tua dalam meningkatkan motivasi siswa
6.2 Fungsi Pendukung Ketenagaan
a. Jumlah Guru Pembim bing
b. Kualifikasi Guru Pem bimbing
a. Fasilitas pengembangan diri guru pembimbing KIR.
b. Kesiapan bahan materi
6.3 Fungsi Pendukung Sarana dan Prasarana
a. Literatur
b. Kelengkapan sarana laboratorium in door.
c. Kelengkapan sarana tempat penelitian out door (Green House dan Taman Aneka Tanaman – Toga)
d. Dana Operasional
a. Dukungan lingkungan luar sekolah yang pasif
VI. IDETIFIKASI ALTERNATIF PEMECAHAN PERSOALAN
Untuk mengatasi persoalan yang kemungkinan timbul dari perencanaan di atas, dilakukan antisipasi langkah pemecahan permasalahan sebagai berikut :
NO SASARAN KEGIATAN PERMASALAHAN SOLUSI
1
Pengadaan ruang dan peralatan audio visual ide
- Ruang kurang memadai
- Ketrampilan guru
- Peralatan kurang lengkap
- Kekurangan dana
- Kurang media sebagai sumber belajar
- Renovasi ruang yang ada
- Mengikut sertakan guru pada pendidikan dan latihan
- Penambahan dan pengadaan peralatan yang dibutuhkan sesuai dengan dana yang tersedia
- Mengajukan bantuan dana dan peralatan pada Komite Sekolah atau pemerintah
- Menambah sumber belajar berupa media cetak dan elektronik
2
Peningkatan NUN
- Kesiapan guru
- Buku kumpulan soal
- Buku penunjang
- Kekurangan dana
- Kolaborasi dengan teman sejawat pembinaan klinis, meningkatkan MGMP, PKG dan Seminar
- Mengusahakan tambahan pengadaan buku-buku kumpulan soal
- Mengusahakan tambahan pengadaan buku-buku penunjang bagi guru dan siswa
- Mengusahakan subsidi
3
Memiliki kelompok siswa yang terampil membaca kitab kuning (Kitab agama)
- Kesiapan guru
- Buku kitab kuning (Kitab agama)
- Buku penunjang
- Kekurangan dana
- Kolaborasi dengan teman sejawat, pembinaan klinis
- Mengusahakan tambahan pengadaan buku kitab kuning (Kitab agama)
- Mengusahakan tambahan pengadaan buku penunjang bagi guru
- Mengusahakan subsid
4
Meningkatkan minat baca siswa
- Kurangnya tenaga pengelola perpustakaan.
- Kurang lengkapnya sarana dan prasarana perpustakaan.
- Kurangnya dukungan dari orang tua murid.
- Kurangnya dana untuk pengembangan perpustakaan.
- Menambah tenaga pengelola perpustakaan.
- Menambah /melengkapi sarana dan prasarana perpustakaan.
- Mengadakan pertemuan dengan orang tua wali murid, membahas pentingnya membaca bagi anak diperpustakaan.
- Menggali dana pengembangan perpustakaan.
5
Kegiatan bimbingan bahasa inggris
- Pengalaman pembina.
- Laboratorium Bahasa.
- Dana pengembangan.
- Kerjasama dengan perpustakaan Daerah / Instansi lain.
- Kolaborasi, Konsultasi, Seminar, Wokshop denganorang dan instansi terkait.
- Pembenahan instalasi.
- Pengusahaan subsidi.
- Sekolah mengadakan kerjasama dan memfasilitasi administrasi syarat peminjaman.
6
Memiliki Kelompok Karya Ilmiah Remaja (KIR)
- Kesiapan guru
- Kelengkapan sarana laboratorium.
- Literatur.
- Pengadaan tempat penelitian out door (Green House dan Taman Aneka Tanaman –Toga)
- Dana operasional
- Dukungan luar sekolah
- Mengikuti kegiatan-kegiatan ilmiah (seminar, workshop dan sebagainya).
- Melengkapi sarana laboratorium.
- Melengkapi literatur yang mendukung.
- Membuat tempat penelitian/ praktikum out door (Green House dan Taman Aneka Tanaman – Toga).
- Menjalin kerjasama dengan komite sekolah, yayasan dan perusahaan yang ada di sekitar.
- Mengadakan kerjasama dengan dunia usaha yang ada di sekitar sekolahan
VII. RENCANA DAN PROGRAM PENINGKATAN MUTU
1. RENCANA 1 : PENGADAAN RUANG DAN PERALATAN AUDIO VISUAL IDE
Sasaran 1 : Meningkatkan motivasi belajar dan mengembangkan kemampuan siswa dalam mempresentasikan pengalaman belajar.
Penanggung Jawab : Drs. SUNARWI
Program 1 : Renovasi Ruang
Rincian Program : - Pembentukan Panitia
- Survey ruang
- Inventarisasi renovasi
- Pengadaan material
- Pelaksanaan renovasi
Program 2 : Pelatihan Guru
Rincian Program : - Pengaturan jadwal latihan
- Pelatihan-pelatihan
- Pembuatan media belajar elektronik
Program 3 : Pengadaan Peralatan
Rincian Program : - Inventarisasi peralatan
- Pengadaan peralatan baru
- perbaiakan peralatan yang rusak
- Pengamanan
2. RENCANA 1 : PENINGKATAN RATA-RATA NUN LULUSAN
Sasaran : Meningkatkan rata-rata NUN lulusan pada tahun pelajaran 2004-2005
Penanggungjawab : TRI BOWO, S.Pd.
a. Program 1 : Mengaktifkan MGMP sekolah untuk meningkatkan kemampuan guru
Rincian Program : 1. Menyusun jadwal pertemuan MGMP
2. Membahas dan memecahkan masalah yang muncul di lapangan
3. Membantu guru dalam memahami pelajaran yang sulit
4. memberi imbas hasil pelatian MGMP yang diikuti secara periodik
b. Program 2 : Pengadaan buku-buku suplemen pegangan guru serta kumpulan soal-soal
Rician Program : 1. Mengindentifikasi kebutuhan buku suplemen pegangan guru
2. Mengadakan buka suplemen kebutuhan guru
3. Menganalisis peningkatan hasil setelah mendapatkan buku suplemen
4. Mengadakan buku kumpulan soal
c. Program 3 : Pembentukan Kelompok belajar terbimbing
Rincian program : 1. Menyusun kelompok dengan membagikan formulir melalui wali kelas
2. Menunjuk guru pembimbing kelompok
3. Menyusun jadwal bimbingan oleh siswa dibimbing oleh guru pembimbing
4. Merekrut tutor sebaya siswa untuk dapat memotivasi siswa meraih prestasi
d. Program 4 : Pembelajaran sore pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan (les) untuk siswa kelas 3 SMP
Rincian Program : 1. Penbentukan panitia penyelenggara
2. Pengadaan ATK kegiatan
3. Pembuatan perangka soal yang diUANkan
4. Penyusun jadwal kegiatan
5. Pelaksanaan kegiatan
6. Evaluasi proses dan hasil
7. Persiapan dan mengikuti lomba bata pelajaran
8. Uji coba sukses UAN atau try out
9. Analisa hasil pelaksanaan kegiatan dan pembayaran transport pelaksanaan
3. Rencana : MEMILIKI KELOMPOK SISWA YANG TERAMPIL MEMBACA KITAB KUNING (KITAB AGAMA)
Sasaran : Memiliki 60 % kelompok siswa yang terampil membaca kitab kuning (Kitab agama) pada tahun 2003-2004 dari 30 % menjadi 60 %
Penangung Jawab : Drs. ABDUL JAMIL, M.Pd.
a. Program 1 : Mengaktifkan MGMP sekolah untuk meningkatkan kemampuan guru
Rincian program : 1. Menyusun jadwal pertemuan MGMP
2. Membahas dan memecahkan masalah yang muncul di lapangan
3. Membantu guru dalam memahami motivasi pelajaran yang sulit
4. Memberi imbas hasil pelatihan MGMP yang diikuti secara periodik
b. Program 2 : Pengadaan Kitab kuning (kitab agama) untuk pegangan guru dan kumpulan soal
Rincian program : 1. Mengidentifikasi kebutuhan kitab kuning untuk pegangan guru
2. Pengadaan kitab kuning untuk guru
3. Menganalisis peningkatan hasil kemampuan bacaan, setelah mendapatkan kitab kuning (Kitab agama)
c. Program 3 : Pembentukan kelompok belajar baca kitab kuning (Kitab agama) terbimbing
Rincian Program : 1. Menyusun kelompok dengan membagikan formulir melalui wali kelas
2. Menunjuk guru pembimbing kelompok
3. Menyusun jadwal bimbingan baca kitab kuning (Kitab agama) oleh siswa dibimbing oleh guru pembimbing
4. Merekrut tutor sebaya siswa untuk dapat memotivasi siswa dalam kemampuan baca kitab kuning (Kitab agama)
4. Rencana : PENINGKATAN MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN
Sasaran : Peningkatan minat baca siswa di perpustakaan pada tahun pelajaaran 2004-2005 dari 60 % menjadi 90 %.
Penanggung Jawab : Drs. ATIN SUPRIYONO
a. Program 1 : Penambahan tenaga pengelola perpustakaan.
Rincian Program : 1. Sehat jasmani dan rohani.
2. Berpengalaman dibidang keperpustakaan.
3. Mempunyai etos kerja yang tinggi, bertanggungjawab dan jujur.
b. Program 2 : Meningkatkan pengetahuan tentang ke perpustakaan.
Rincian Program : 1. Mengikuti diklat tentang keperpustakaan.
2. Mengadakan study banding ke perpustakaan sekolah lain.
c. Program 3 : Menambah saran dan prasarana perpustakaan
Rincian program : 1. Pengadaan buku-buku perpustakaan.
2. Pengadaan almari dan rak buku.
d. Program 4 : Menggali dana pengembangan perpustakaan.
Rincian program : 1. Iuran untuk perawatan buku yang dipinjam.
2. Penggalian dana secara insidental dari wali murid.
5. Rencana : MENINGKATKAN PENGUASAAN BAHASA INGGRIS
Sasaran : 15 % siswa dapat menggunakan basaha inggris dalam kegiatan sehari-hari.
Penanggung Jawab : LUWIHANi,SPd
a. Program 1 : Pesersiapan
Rincian program : 1. Penunjukan pembina.
2. Pembentukan kelompok.
3. Pembagian tugas kelompok/anggota kelompok.
b. Program 2 : Pelaksanaan
Rincian program : 1. Penyusunan jadwal kegiatan.
2. Sosialisasi kegiatan.
3. Pelaksanaan.
4. Trasport pembina.
5. Praktek menulis di majalah.
6. “Engglish Week”
c. Program 3 : Pengadaan sarana pembinaan
Rincian program : 1. Pembenahan Leb. Bahasa.
2. Penambahan buku-buku Bahasa Inggris
6. Rencana : MENINGKATKAN PRESTASI KELOMPOK KIR
Sasaran : Meraih juara I tingkat Propinsi dan Nasional
Penanggung Jawab : MUHAMMAD ALI EFENDI, S.Si
Program 1 : Membentuk Komunitas Guru Pembimbing Kelompok Karya Ilmiah Remaja (KIR).
Rincian Program : 1. Menyusun kepengurusan Komunitas guru pembimbing Kelompok Karya Ilmiah Remaja (KIR).
1. Menyusun jadwal pertemuan.
2. Menyusun program kerja komunitas guru pembimbing kelompok Karya Ilmiah Remaja (KIR).
3. Menyusun dan menggandakan materi pembinaan Kelompok Karya Ilmiah Remaja (KIR).
Program 2 : Membentuk Kelompok Karya Ilmiah Remaja (KIR).
Rincian Program : 1. Menyusun kelompok Karya Ilmiah Remaja (KIR) dengan cara membagikan formulir pendaftaran kepada setiap pengurus kelas.
Program 3 : Pengembangan Keilmiahan
Rincian Program : 1. Mengadakan seminar.
2. Mengadakan studi banding.
3. Mengadakan penelitian.
4. Mengikuti lomba penelitian.
Program 4 : Pengadaan Literatur, Ruang atau Tempat Penelitian Out Door dan Kelengkapan Sarana Laboratorium.
Rincian Program : 1. Mendata peralatan laboratorium baik yang telah ada maupun yang belum ada.
2. Melengkapi peralatan laboratorium yang dibutuhkan.
3. Menjadwal penggunaan laboratorium.
4. Pembangunan sarana laboratorium penunjang (Green House dan Taman Aneka Tanaman – Toga).
5. Pembelian secara bertahap buku-buku literatur yang menunjang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar