BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah merupakan salah satu cita-cita bangsa. Dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan salah satu tujuan negara Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Untuk mewujudkan tujuan mulia tersebut,langkah demi langkah terus dilaksanakan oleh pemerintah. Pendidikan sebagai salah satu wadah dan wahana pemerintah untuk membangun dan mencerdaskan suatu bangsa guna mencapai tujuan tersebut.
Telah kita ketahui bahwa di negara Indonesia ini titik berat pembangunan pendidikan difokuskan pada peningkatan mutu setiap jenjang dan jenis pendidikan, khususnya untuk memacu penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu kita sebagai pendidik yang mempunyai tanggung jawab di bidang pendidikan, haruslah berusaha untuk memenuhi tuntutan dari program pemerintah di bidang pendidikan itu.
Melihat pentingnya pelajaran matematika, di dalam kurikulum matematika dijelaskan fungsi matematika dapat dipandang sebagai alat yang dapat digunakan dalam berbagai ilmu dan kehidupan.
1
Sesuai dengan fungsi matematika tersebut, maka tujuan diberikannya matematika kepada peserta didik sekolah dasar sampai dengan sekolah tingkat atas secara umum dapat dirumuskan sebagai berikut :
a. Mempersiapkan anak didik agar sanggup menghadapi perubahan-perubahan keadaan di dalam kehidupan dan di dalam dunia yang senantiasa berubah ini, dengan melalui latihan berdasarkan atas dasar pemikiran secara logis dan rasional, kritis dan cermat, objektif, kreatif dan efektif.
b. Mempersiapkan anak didik agar dapat menggunakan matematika secara tepat di dalam kehidupan sehari-hari dan mempelajari berbagai macam ilmu pengetahuan.
Sistem pendidikan yang dilaksanakan sekarang dituntut keaktifan dari semua peserta didik. Setiap peserta didik yang baik tentu menyadari bahwa kegiatan belajar merupakan bagian dan tugas dari kebiasaan hidupnya yang sangat mendasar, karena semua pengetahuan, kebiasaan, keterampilan dan sikap peserta didik pada prinsipnya terbentuk dan berkembang karena belajar, mereka tidak ingin gagal dalam usahanya meraih cita-cita, bahkan mereka berkeinginan untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi. Karena sebagaimana kita ketahui, bahwa prestasi dalam belajar merupakan mutu pendidikan di semua lembaga pendidikan. Oleh karena itu tidak mengherankan jika prestasi belajar yang baik merupakan keinginan semua pihak yang terkait dalam bidang pendidikan.
Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah keterampilan belajar. Sebab banyak peserta didik yang gagal meraih prestasi yang baik tidak disebabkan oleh faktor IQ yang rendah namun disebabkan oleh kurangnya memiliki keterampilan dalam belajar dan sekaligus menggunakannya.
Atas dasar uraian di atas mendorong peneliti untuk mengadakan penelitian dalam rangka penulisan skripsi yang berjudul “Studi korelasi antara penggunaan keterampilan belajar dengan prestasi belajar matematika materi statistika siswa kelas IX semester gasal di SMP Swadaya Kesamben Jombang Tahun pelajaran 2007/2008”.
B. Batasan Masalah Penelitian
Batasan masalah dalam penelitian ini meliputi :
§ Keterampilan mengatur waktu belajar
§ Keterampilan mengikuti pelajaran
§ Keterampilan membaca buku pelajaran
§ Keterampilan mengerjakan soal-soal matematika
C. Rumusan Masalah Penelitian
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah peneliti uraikan, maka peneliti memberikan rumusan masalah sebagai berikut: “Adakah korelasi antara penggunaan keterampilan belajar dengan prestasi belajar matematika materi statistika siswa kelas IX semester gasal di SMP Swadaya Kesamben Jombang Tahun 2007/2008?”
D. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:
Untuk mendeskripsikan hubungan antara penggunaan keterampilan belajar dengan prestasi belajar matematika materi statistika siswa kelas IX semester gasal di SMP Swadaya Kesamben Jombang Tahun Pelajaran 2007/2008.
E. Kegunaan Penelitian
1. Bagi peneliti
Untuk menambah wawasan mengenai cara mengajar yang baik dengan menggunakan metode mengajar yang tepat,
2. Bagi sekolah yang diteliti
Untuk menambah masukan, bagaimana cara meningkatkan prestasi belajar siswa dan bagaimana cara mengajar matematika itu agar dapat berjalan dengan sukses sehingga kegiatan belajar mengajar (KBM) itu bisa lancar, dan siswa yang diajar tersebut dapat berjalan dengan baik, aktif, senang, berminat, mudah dipahami dan diterima siswa,
3. Bagi siswa
a. Siswa akan mengetahui bagaimana menggunakan keterampilan belajar yang baik,
b. Siswa akan mudah meningkatkan prestasi belajarnya karena sudah mengetahui keterampilan dalam belajar,
F. Asumsi dan Keterbatasan Penelitian
Dalam penelitian ini peneliti berpijak pada asumsi sebagai berikut:
a. Hasil tes mencerminkan hasil prestasi siswa.
b. Hasil angket mencerminkan penggunaan keterampilan belajar matematika siswa.
G. Definisi Istilah
Agar tidak terjadi kesalahan penafsiran arti dalam judul, maka perlu adanya definisi operasional variable sebagai berikut ;
1. Keterampilan belajar
Keterampilan belajar adalah kemampuan peserta didik dalam mengatur waktu belajar, mengikuti pelajaran, membaca buku pelaaran dan keterampilan mengerjakan soal-soal latihan matematika.
2. Prestasi belajar
a. Pengertian prestasi
Menurut W.J.S Poerwodarminto, dalam kamus umum bahasa Indonesia (1976:194), bahwa prestasi adalah hasil yang dicapai atau dilakukan, dikerjakan.
b. Pengertian belajar
Menurut tim penyusun kamus, pusat pembinaan dan pengembangan bahasa edisi kedua, kamus besar bahasa Indonesia (1995:14) bahwa belajar adalah berusaha, memperoleh kepandaian atau ilmu.
Jadi prestasi belajar adalah suatu nilai yang menunjukkan hasil tertinggi dalam belajar yang dicapai menurut kemampuannya dalam mengerjakan sesuatu pada saat tertentu.
Dari uraian sebelumnya maka peneliti membuat kesimpulan studi korelasi antara penggunaan keterampilan belajar dengan prestasi belajar matematika materi statistika siswa kelas IX semester gasal di SMP Swadaya Kesamben Jombang Tahun Pelajaran 2007 / 2008, adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan keterampilan belajar dengan prestasi belajar matematika materi statistika siswa kelas IX semester gasal di SMP Swadaya Kesamben Jombang Tahun Pelajaran 2007 / 2008.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar